Cara menyelesaikan soal cerita Irisan suatu himpunan

1
83

Perhatikan ilustrasi soal berikut ini!.

Di dalam suatu kelas yang jumlahnya 20 orang, terdapat 10 orang suka pelajaran matematika, 8 orang suka pelajaran fisika, dan 4 orang tidak menyukai kedua pelajaran tersebut. Tentukanlah banyak siswa yang menyukai kedua pelajaran tersebut!.

Bagaimana cara kita menyelesaikan permasalahan tersebut?

Soal di atas adalah soal cerita tentang cara mencari irisan dari dua himpunan. Soal menentukan irisan ini bisa kita selesaikan dengan mudah dengan menggunakan diagram venn. Seperti gambar diagram venn berikut ini!.

Gambar diatas adalah penggambaran diagram venn dari soal. Untuk mengisi diagram venn kita mulai mengisi dari yang yang suka keduanya atau irisan. Dalam soal banyak irisan belum diketahui, malah ini yang ditanyakan. Maka di diagram venn kita tuliskan dengan x. kemudian kita lihat yang suka matematika dalam soal ada 10 orang. Perlu diketahui bahwa 10 orang yang dimaksud adalah termasuk yang suka keduanya. Maka untuk menulis yang suka matematika saja tanpa suka fisika adalah sebanyak 10 – x.

Kemudian kita tinjau yang menyukai fisika, di soal tertulis 8 orang. Maka yang suka fisika saja tanpa suka matematika adalah 8 – x. ini kita tulis di lingkaran fisika. Sedangkan yang tidak suka keduanya, kita tulis di luar lingkaran.

Bagaimana kita mendapatkan nilai x yang merupakan nilai irisan itu sendiri?. Kita tambahkan semua angka – angka itu kemudian kita kurangi dengan jumlah keseluruhan siswa.

x = (10 + 8 + 4 ) – 20 = 22 – 20 = 2

jadi yang menyukai kedua mata pelajaran itu adalah sebanyak 2 orang siswa.

Kalau kita uji jawaban kita, jadinya seperti ini. Yang suka kedua pelajaran 2 orang, yang suka pelajaran matematika saja tanpa suka fisika berarti 10 – 2 = 8 orang. Yang suka fisika saja tanpa suka matematika berarti 8 – 2 = 6 orang. Dan yang tidak menyukai keduanya ada 4 orang. Kalau ini kita jumlahkan semuanya menjadi 2 + 8 + 6 + 4 = 20 orang (jumlah siswa dalam kelas).

1 KOMENTAR

Silahkan tuliskan Komentar teman - teman disini.