Polarisasi Cahaya - Situs Matematika dan Fisika - Situs Matematika dan Fisika

Polarisasi Cahaya

Teman – teman mungkin sudah mengetahui bahwa interferensi dan difraksi dapat terjadi baik pada gelombang transversal (seperti gelombang air, gelombang tali, dan gelombang cahaya) maupun gelombang longitudinal (seperti gelombang bunyi) , dengan kata lain interferensi dan difraksi tidak bergantung dengan jenis gelombang. Dalam pembahasan kita kali ini, kita akan membahas tentang fenomena polarisasi yaitu fenomena yang terjadi hanya pada gelombang transversal.

Untuk mempermudah pengertian polarisasi cahaya, terlebih dahulu kita mendiskusikan tentang gelombang mekanik pada tali. Telah kita ketahui bersama bahwa simpangan titik – titik pada gelombang transversal tegak lurus pada arah rambatan gelombangnya, yaitu ada gelombang yang simpangannya merambat menurut bidang vertical da nada juga gelombang yang simpangannya menurut bidang horizontal. Kedua gelombang ini kemungkinan merupakan resultan (superposisi) dari gelombang – gelombang yang arah simpangannya pada sembarangan arah. Jadi , gelombang transversal apapun dapat ditampilkan sebagai superposisi dari dua komponen gelombang, yaitu satu komponen gelombang memiliki simpangan hanya pada sumbu Y, yang lainnya pada sumbu Z.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa gelombang yang hanya menyimpang pada sumbu Y disebut terpolarisasi linear pada arah sumbu Y, dan gelombang yang hanya menyimpang pada sumbu Z disebut terpolarisasi linear pada arah sumbu Z. jadi gelombang tranversal apapun pada seutas tali boleh dipandang sebagai superposisi dari gelombang – gelombang yang terpolarisasi arah sumbu Y dan Z.

Also Read:

}
%d blogger menyukai ini: