Peringkat Indonesia dalam Olimpiade Matematika internasional 2017

IMO merupakan kepanjangan dari international mathematical Olympiad yaitu ajang kompetisi matematika tingkat internasional. Kompetisi ini pertama kali dimiulai tahun 1959 diakan di Negara Romania. Pada waktu ini, jumlah Negara yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini adalah 7 negara.

Pada tahun 2017 ini, kompetisi IMO kembali diadakan dan merupakan kompetisi matematika internasional yang ke 58. Dimana kompetisi kali ini diadakan di kota Rio de Janeiro, Brazil pada tanggal 12 juli 2017 sampai dengan 23 juli 2017. Jumlah Negara peserta dalam kompetisi kali ini sebanyak 111 negara, dengan jumlah kontestan 615 orang peserta dengan rincian 553 orang putra dan 62 putri.

Sebagai Negara yang mencanangkan generasi emas untuk generasinya, Indonesiapun tidak ketinggalan untuk mengirimkan kontingennya ke kompetisi matematika yang paling bergengsi di dunia ini. Lewat tim yang berjumlah 6 orang ini, Indonesia mendapat peringkat ke 31 dari 111 negara. Dengan perolehan medali : 2 medali perak, 3 medali perunggu, dan 1 Honourable mention. Secara rinci perolehan tim Indonesia di olimpiade kali ini adalah sebagai berikut :

Also Read:

  • Gian Cordana Sanjaya

Dari enam peserta dari Indonesia, Gian mendapatkan nilai yang paling tinggi, yaitu skor 21. Dengan rinciannya : dari 6 soal yang diberikan gian mampu menjawab 3 soal yaitu soal nomor 1, 2, dan nomor 4.

Rangking secara individu, gian mendapat rangking 82 dari seluruh peserta dengan perolehan medali perak. Pada tahun 2017 ini, Gian Cordan sanjaya merupakan yang kedua kalinya ikut kompetisi yaitu tahun 2016 ( dengan perolehan medali pada tahun ini adalah medali perak dan peringkat individu adalah 206)

Baca juga : Download Soal Olimpiade Matematika Internasional (IMO)

  • Bimo Adityarahman wiraputra

Perolehan nilai 20 dengan rincian soal nomor satu sampai nomor enam berturut – turut adalah 7, 4, 0 , 7, 2 ,dan 0.

Peringkat secara individu, memperoleh peringkat 103 dengan raihan medali perak.

  • Kinantan Arya bagaspati

Perolehan skor / nilai yang diperoleh adalah 18. Rangking secara individu berada pada rangking 139 dari seluruh peserta. Dan raihan medali yang diperoleh adalah Medali Perunggu.

  • Timothy Jacob Wahyudi

Perolehan Nilai 17. Peringkat secara individu dari keseluruhan peserta adalah berada pada peringkat 188. Dengan raihan medali Perunggu.

  • Otto Iskandar Sutianto

Perolehan nilai yang diperoleh adalah 17. Dengan peringkat 188. Perolehan medali adalah medali perunggu.

  • Farras Mohammad Hibban Faddila

Perolehan skor 15. Berada pada peringkat 292 dengan medali Honourable Mention.

Sehingga secara keseluruhan, Indonesia berada pada peringkat ke 31 dari 111 negara.

 

Komentar Pembaca

Peringkat Indonesia dalam Olimpiade Matematika internasional 2017 | Made Astawan | 4.5
>