Elastisitas dan cara penyelesaiannya

Elastisitas merupakan kemampuan suatu benda untuk kembali ke bentuk awal segera setelah gaya yang mengenai benda tersebut dihilangkan. materi elastisitas ini merupakan materi fisika sma kelas XI kurikulum 2013 terbaru. untuk mengerti tentang materi ini ada tiga materi pokok yang harus kita kuasai yaitu : tegangan ( stress), regangan ( Strain), dan Modulus young.

di bagian awal kita akan singgung tentang komponen elastisitas yang disebut dengan tegangan atau stress. apa sih yang dimaksud dengan tegangan ?. tentunya tegangan dalam fisika khususnya elastisitas berbeda dengan tegangan dalam sehari – hari. tegangan disini di artikan sebagai besarnya gaya yang dilakukan oleh suatu benda pada luas penampang tertentu. secara matematis, tegangan dalam elastisitas dirumuskan dengan :

\sigma =\frac{F}{A}

Also Read:

dimana :

\sigma = tegangan (satuannya N/m2)

F = gaya yang diberikan satuannya Newton

A = luas penampang benda, satuannya m2 ( baca meter persegi)

Dalam Elastisitas ada juga yang disebut dengan Regangan atau biasa disebut Strain. apa sih yang dimaksud dengan regangan?. yang dimaksud dengan regangan adalah perubahan relatif ukuran benda yang mengalami tegangan. cara menghitungnya adalah dengan membandingkan besarnya pertambahan panjang benda (pegas) dengan panjang benda mula – mula.  secara matematis dirumuskan dengan :

e=\frac{\Delta l}{l_0}

dengan :

e = regangan ( Tanpa satuan )

\Delta l = pertambahan panjang benda (m)

l_0 = panjang mula – mula benda (m )

poin ketiga yang penting untuk dibahas dalam materi elastisitas adalah Modulus young atau modulus elastisitas. Modulus elastisitas adalah besarnya gaya yang bekerja pada luas penampang tertentu untuk meregangkan benda. dengan kata lain, modulus young ini merupakan perbandingan antara tegangan dan regangan.

E=\frac{\sigma}{e}=\frac{Fl_0}{A.\Delta l}

E = Modulus Young (N/m2)

kita langsung saja bahas soal – soal yang ada kaitannya dengan elastisitas. dan baca juga tulisan saya tentang elastisitas

Contoh elastisitas #1 :

Kawat aluminium memiliki panjang 1 meter dan jari – jari penampang 0,5 mm. jika kawat ditarik dengan gaya sebesar 20 N, berapakah tegangan yang dialami oleh kawat?.

Jawab :

kita kumpulkan terlebih dahulu komponen yang diketahui dalam soal ini :

l_0 =1 m

r = 0,5 mm

F = 20 N

\sigma = …?

dalam soal elastisitas ini, ada komponen yang belum diketahui yaitu luas penampang ( A ). tetapi terlebih dahulu kita ubah satuan jari – jarinya menjadi meter. berarti r = 0,5 mm = 0,0005 m = 5.10^{-5} m

A=2\pi r^{2}

A=2(3,14)(5.10^{-5})^{2}

Komentar Pembaca

Elastisitas dan cara penyelesaiannya | Made Astawan | 4.5
>