Pemenang APMO tahun 2017

Pemenang APMO (Olimpiade Matematika Asia Pasifik) tahun 2017

Pada tahun 2017 ini, APMO atau olimpiade Matematika se-asia pasifik kembali digelar. Dan APMO kali ini merupakan yang ke- 29. Peserta olimpiade pada tahun 2017 berjumlah 39 negara, dengan kontestan secara keseluruhan berjumlah 353 orang. Syarat untuk ikut kompetisi ini tidak harus menempuh pendidikan formal. Yang terpenting adalah berusia di bawah 20 tahun dan menguasai matematika.

Adapun perolehan hasil kompetisi pada olimpiade tahun ini adalah rata – rata nilai semua kontestan secara keseluruhan adalah 14, 018 dengan standard deviasi sebesar 9,566. Total medali emas yang dibagikan kepada para peserta adalah 17 buah, medali perak sebanyak 42 buah, perunggu 92 buah, dan Honourable medali sebanyak 129 buah.

Also Read:

Tampil sebagai pemenang dalam APMO 2017 ini adalah Negara Amerika serikat dengan perolehan skor 295. Dari 10 orang kontestan asal Negara paman sam ini, satu orang peserta yang bernama Michael Ma memperoleh skor maksimal yaitu 35. Perlu diketahui total soal yang diberikan dalam olimpiade APMO ini adalah sebanyak 5 buah soal dengan skor maksimal per soal sebesar 7. Jadi kalau betul semua kontestan menjawab, maka dia akan memperoleh 35. Bisa kita bayangkan betapa jeniusnya Michael Ma ini, karena soal yang diberikan memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi.

Bagaimana dengan Indonesia dalam olimpiade kali ini?. Indonesia mendapat peringkat ke – 13 ( Tiga belas) dari 39 negara peserta. Ya lumayan membanggakan. Sama seperti amaerika serikat dan Negara yang lain Indonesia juga mengirimkan 10 orang kontestannya untuk mengikuti ajang olimpiade Matematika Asia Pasifik 2017. Dari ke sepuluh peserta yang dikirim oleh Indonesia, tampil dengan skor tertinggi dan mendapatkan medali emas adalah Timothy Jacob Wahyudi. Saya rasa nama Timothy ini tidak asing lagi, karena dalam kompetisi  IMO 2017 juga ikut berkompetisi. Baca juga tentang : Peringkat Indonesia Pada IMO 2017.

Adapun ke sepuluh peserta dari Indonesia yang ikut kompetisi APMO 2017 adalah sebagai berikut :

  1. Timothy Jacob Wahyudi. (skor : 28, medali emas)
  2. Bimo Adityarahman Wiraputra ( Skor : 21, Medali Perak)
  3. Dick Jessen William ( Skor : 20, medali perak )
  4. Rubben Sallomon Partono (skor : 18, Medali perunggu)
  5. Gian Cordana Sanjaya (Skor : 15, Medali Perunggu)
  6. Louis Cahyadi (Skor : 15, Medali Perunggu)
  7. Andrew Wiraatmaja (Skor : 14 , Medali Perunggu)
  8. Michael Agung Nugroho (Skor : 14, Honourable mention)
  9. Hopein Christopen Tang ( Skor : 14, Honourable Mention)
  10. Christoffel Rio Goenawan ( Skor : 14, Honourable Mention)

Bagaimanakah bentuk soal Asia Pasific Mathematic Olympiad (APMO) ?. kalau masalah kerumitan soal jangan ditanya lagi, karena soal yang diujikan memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Kalau teman – teman ingin melihat dan mencoba soal APMO 2017, teman – teman bisa download DISINI (Download Soal APMO 2017).

Sekian artikel saya kali ini, semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan memberikan wawasan baru kepada teman – teman tentang ajang olimpiade matematika.

Komentar Pembaca

Pemenang APMO tahun 2017 | Made Astawan | 4.5
>