Bagaimanakah cara kalkulator mencari nilai akar kuadrat suatu bilangan - Situs Matematika dan Fisika - Situs Matematika dan Fisika

Bagaimanakah cara kalkulator mencari nilai akar kuadrat suatu bilangan

Halo teman – teman …. Mungkin banyak di antara teman – teman yang penasaran bagaimanakah sih cara kalkulator menentukan akar kuadrat suatu bilangan?. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara lengkap dan jelas materi yang dimaksud di atas. Walaupun tidak secepat kalkulator, setidaknya kita mengetahui bagaimana teknis mencarinya. Baik pembahasan kita mulai dari akar suatu bilangan yang angkanya gampang ditebak. Misalnya akar 625 ditulis \sqrt {625} . dalam pencarian di kalkulator kita akan mendapatkan nilainya adalah 25. Sekarang yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah caranya agar diperoleh hasil 25. Perhatikan penjelasan berikut :

langkah pertama kita hitung dua angka dari belakang, kemudian kita isi titik atau garis vertikal (lihat garis merah di antara angka 6 dan 25.

Also Read:

Langkah kedua, kita fokuskan perhatian kita pada angka yang ada paling depan dalam hal ini adalah angka 6. Kemudian kita pikirkan bilangan kuadrat berapa yang hasilnya adalah 6 atau kalau tidak ada yang pas minimal mendekati 6. Dalam hal ini adalah bilangan 2 yaitu 2 x 2 = 4. Hal ini bisa di tulis menjadi :

Hasil perkalian tadi kita letakkan di bawah angka 6, kemudian kita kurangi dan kita turunkan dua angka di sebelahnya. Sehingga menjadi :

Bilangan kuadrat atau bilangan perkalian disebelah kiri kita jumlahkan yaitu 2 + 2 = 4. Angka 4 ini kita taruh di bawah perkalian tadi. Kemudian kita berikan titik – titik. Artinya 4 titik kali titik hasilnya harus 225 atau mendekati ( dibaca : empat puluh berapa kali berapa biar hasinya mendekati atau sama dengan 225).

Jika hasil pengurangan terakhir adalah nol berarti operasi dihentikan. Jadi jawaban dari akar 625 adalah 25. Bagaimana teman – teman, sudah mengerti kan tentang cara mencari nilai akar suatu bilangan ?.Iya pastinya. Hehe… angkanya sudah terlalu biasa soalnya.

Sekarang yang menjadi permasalahan adalah bagaimana kalau nilai bilangannya besar ?. seperti mencari nilai akar kuadrat dari 152.399.025 ( dibaca : seratus lima puluh dua juta tiga ratus Sembilan puluh Sembilan ribu dua puluh lima). Caranya sama juga dengan pencarian di atas. Yaitu kita kelompokkan dua – dua dari belakang.

ini berarti nilai akar dari 152.399.025 adalah 12.345. gimana teman – teman?. cukup mudah kan caranya?. mohon share artikel ini agar teman – teman yang lain juga mengetahuinya. terimakasih.

 

}
%d blogger menyukai ini: